Rabu, 02 Mei 2012

Pelajaran Berharga dari Serial Crayon Shinchan



"Seluruh kota, merupakan tempat bermain yang asyik..."

"Ja, jangan, jangan, jangan, yang dewasa tidak boleh, jangan, jangan..."

Kalau sudah membaca salah satu cuplikan lirik di atas pasti sudah tau, dong, apa yang akan dibahas...


Yak. Tepat. Crayon Shinchan. Bocah fiktif yang dalam semua serialnya dikisahkan sebagai seorang anak TK berumur 5 tahun yang bernama lengkap Nohara Shinnosuke.

Sebagai anak TK, Shinchan juga selalu bermain dengan teman-temannya, seperti: Kazao, Masao, Bo, dan Nene. Tapi yang hebatnya, dia juga sering membuat masalah di rumah, sehingga sering kena jitak (ada tulisan "げんこつ!") sama mamanya. Walau begitu, dia tetap sering diajak mamanya ikut jalan-jalan, shopping ke mall besar...

Yang bahayanya, "anak TK" seperti Shinchan dikisahkan suka merayu cewek-cewek, ditambah suka membaca majalah playboy bareng ayahnya. Kacau!

Karena itu, timbullah kontroversi terhadap serial kartun karya Yoshito Usui ini. Tak heran bila di satu sisi, banyak orang tua yang tidak suka kalau anaknya menonton Crayon Shinchan. Apa alasannya? Ya, karena Shinchan sering melakukan hal-hal yang tidak pantas dilakukan oleh anak-anak. Hmmm... benar juga, ya!

Tapi, di lain sisi, pembuat cerita ini sangat kreatif. Nilai edukatifnya sangat tinggi! Anak-anak, bahkan orang besar sekalipun, bisa mengambil hal positif dari serial kartun yang satu ini. Lihat saat mama Shinchan mengajaknya pergi ke mall. Ada adegan naik kereta listrik, adegan mendorong kereta bayi, adegan masuk mall, dan adegan memilih baju. Ya, dengan begitu kita para penonton tahu begini etiket saat pergi ke mall. Untuk yang tidak boleh dilakukan, langsung dikatakan oleh Misae—mamanya Shinchan, misalnya naik eskalator, tidak boleh dengan arah yang berlawanan. Eh, Shinchan sudah duluan melakukannya. Duh!

Ada adegan piknik, ada adegan bersihin rumah, ada adegan masak makan malam, ada adegan pergi ke pasar, dan masih banyak lagi!

Nah, tahukah kamu, apa yang menjadi rencana Misae dalam serial Shinchan sendiri juga dapat kamu terapkan. Toh, ide cerita itu datang dari pemikiran murni si pengarang, bukan fantasi. Terlebih bila anda tahu kalau rencana Misae itu gagal, mungkin kamu tidak akan gagal. Contohnya: diet.

Crayon Shinchan dibuat oleh orang hebat, berpengalaman, dan tahu akan kecanggihan teknologi. Walaupun ada kekurangan, tapi banyak kelebihan di balik semua kekurangan itu.

Tak percaya kamu dapat menemukan pelajaran berharga dari serial Crayon Shinchan? Tonton saja serial Crayon Shinchan hari Minggu di RCTI, pukul 07.30 WIB, dan lihat apakah ada adegan seperti yang saya jelaskan.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu di sini apabila ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Bila kamu tidak punya akun Blogger, kamu bisa berkomentar dengan cara memilih pilihan "Name/URL" pada drop-down. Masukkan nama kamu. Tambahkan juga situs webmu bila ada. Bila tidak ada kosongkan saja. Klik [Lanjutkan]. Silakan berkomentar menggunakan namamu... :D