Rabu, 02 Mei 2012

Blogaway, Blog on the Way



Android memang banyak gunanya. Hampir berbagai kegiatan online dapat dilakukan dengan Android. Eh, kamu punya blog yang di-host di Blogger atau Blogspot? Kamu bisa pakai aplikasi yang satu ini! Di manapun dan kapanpun kamu bisa memposting blog dengan mudah. Syaratnya hanya satu: harus ada koneksi internet bila ingin mempublikasikan posting kamu. Kalau untuk mengetik, sih, mau dalam keadaan flight mode juga bisa!


Kelebihannya, Blogaway bisa langsung memuat seluruh blog milik kita, yang kemudian bisa kita pilih secara langsung, mau posting ke blog mana, ya...? Terus, Blogaway juga mampu menyimpan draft (konsep) di blogger langsung. Tapi, ini belum bisa dimaksimalkan. Kemudian ada toolbar formatting sederhana, yang akan bekerja hanya pada teks yang terseleksi.

Untuk kekurangannya mungkin bisa tertutupi oleh kelebihan yang telah disebutkan. Draft yang disimpan ke blog TIDAK BISA DIBUKA lewat Blogaway. Kacau. Kemudian toolbar formatting tidak berfungsi sebagai "Toggle", malahan permanent action. Maksudnya, bila kita tekan tombol Bold, misalnya. Huruf yang terpilih akan menjadi tebal. Tapi tidak akan kembali tipis jika kita menekannya kembali. Satu lagi, bila kamu membuat blog baru pada akun Google yang sedang kamu gunakan di Blogaway, blogmu takkan terbaca. Caranya? Dari Blogaway, kamu tekan Accounts, tekan lama akunmu, lantas pilih Delete Account. Tekan lagi Add Account, kemudian login lagi dengan kredensial milik kamu. Tapi jangan terburu-buru! Bila kamu punya draft yang ada di menu Drafts, sebaiknya di-backup terlebih dahulu. Karena, bila merefresh akun dengan cara begitu, Draftnya akan terhapus. Oh iya, satu lagi yang perlu kamu tahu. Kalau kamu mau membuat hyperlink, langsung saja saat kamu memang mau membuatnya, ya! Karena hyperlink yang dibuat akan selalu diletakkan di akhir posting.

Untuk pengetikan, kamu memang harus terbiasa dengan permainan jarum seleksi. Bila ada yang bertanya, "Bagaimana caranya kembali ke atas, padahal saya sudah mengetik cukup panjang?" Solusinya adalah tekan di sembarang tempat di dalam teks isi. Muncullah jarum seleksi. Kemudian tariklah ke atas. Beres, deh.

Untuk foto, lumanyan deh, daripada lumanyun. Hanya bisa upload satu foto sebagai ilustrasi dari sebuah posting. Video pun begitu.

Walaupun demikian, Blogaway merupakan aplikasi blogging yang lumayan oke bagi para blog mania.

Nah, bagi para blog mania yang berminat, silakan download aplikasinya di Google Play Store. Gratis, tis!

PS: Postingan ini saya upload dari Samsung Galaxy Ace saya, menggunakan Blogaway.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu di sini apabila ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Bila kamu tidak punya akun Blogger, kamu bisa berkomentar dengan cara memilih pilihan "Name/URL" pada drop-down. Masukkan nama kamu. Tambahkan juga situs webmu bila ada. Bila tidak ada kosongkan saja. Klik [Lanjutkan]. Silakan berkomentar menggunakan namamu... :D