Minggu, 29 Januari 2012

Seminar Go Technology with Blogging


Hari itu, tanggal 26 Januari 2012, bertempat di Gedung Lobby Lt. 3, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Buketrata, diadakan acara Seminar Go Technology with Blogging, dari pukul 09:00 s.d. 16:00, dengan Bapak Jonru Ginting dan Bapak Budi Putra sebagai pemateri, serta tentunya saya sebagai salah satu peserta seminar ini.


Nah, sebelum membahas tentang acaranya, ada baiknya saya membeberkan beberapa hal mengenai para pematerinya.

Yang pertama, Pak Jonru Ginting. Beliau adalah seorang penulis, enterpreneur, blogger profesional, dan seorang trainer. Beliau juga menjadi CEO dari Writers Academy Indonesia, dari yang sebelumnya hanya menulis di situs penulislepas.com. Beliau juga pernah menyabet penghargaan Indonesian Super Blog Award (ISBA). Waw...!

Lihat foto Pak Jonru (bersama saya) di gambar urutan ke-5 dalam foto di bagian paling atas halaman ini.

Yang kedua, adalah Bapak Budi Putra. Ya, beliau adalah seorang blogger yang fenomenal. Beliau adalah Country Editor Yahoo! Indonesia, artinya perintis Yahoo! berbahasa Indonesia. O waw...! Beliau juga menduduki jabatan sebagai CEO dan Founder dari Asia Blogging Network (ABN). Beliau juga giat menulis di CNET Asia dan di SlashPhone.

Lihat foto Pak Budi (bersama saya) di gambar urutan ke-6 dalam foto di bagian paling atas halaman ini.

Oke, sekian penjelasan singkat tentang para pematerinya. Sekarang saya akan membahas tentang acaranya.

Peserta yang mengikuti seminar ini berjumlah lebih dari 350 orang. Antusiasme para peserta seminar semakin meningkat saat tiba sesi hiburan dari Tim XL, sesi makan siang, dan sesi pengundian doorprize. Seru banget pokoknya!

Pertanyaan yang dilontarkan kepada para para pemateri pun sangat beragam. Mulai dari yang out of topic karena sangat penasaran, yang sangat selektif dengan kata-kata (gambar XXX diistilahkan gambar hantu), yang pandai mengolah kata seperti Microsoft Word, yang nanyanya kumur-kumur, yang  bertanya solusi bila tidak sempat ke warnet, sampai mengkritik mekanisme seminar di depan pemateri dengan suara lantang (sempat mendapat applause, lho).

Berdasarkan penyampaian panitia melalui brosur yang disebarkan, acara ini diadakan dengan tujuan menggali potensi untuk kreatif dalam menulis, memanfaatkan blog sebagai alternatif buku dan pensil untuk media tulis-menulis, mendapatkan penghasilan dari blog, dan menciptakan para blogger profesional. Memang, setelah saya mengikuti seminar ini, 96% dari tujuan acara tersebut "nyangkut" di hati saya. Hehehe...

Kemudian soal rangkaian kegiatan, terus terang saya agak kecewa karena sangat berbeda dengan apa yang dituliskan dalam brosur. Memang, ada beberapa yang tepat, namun yang mengecewakan adalah pada penjanjian dengan kata-kata "Demo cara membuat Blog", "Cara mengembangkan ide untuk menulis di blog", dan "Memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mendapatkan penghasilan". Sekali lagi, MEMANG ada penjelasan seperti itu, tapi hanya sebatas screenshot. Cara mengembangkan ide pun sangat jarang disinggung. Padahal keinginan saya mengikuti seminar ini adalah ingin mengetahui cara mengembangkan ide tersebut.

Dengan biaya Rp35.000,- untuk Siswa dan Mahasiswa, dan Rp50.000,- untuk Umum (Guru, Dosen, Masyarakat, dsb.), para peserta bisa mengikuti seminar yang secara keseluruhan menurut penilaian saya sangat mantap acaranya. Setiap peserta mendapatkan Starter Kit berisi skedul acara, buku notes kecil, pulpen, kartu XL Komunitas Edisi Khusus Pelajar & Mahasiswa, dan brosur motor Yamaha (tujuan: promosi), yang dibagi pada awal acara. Para peserta juga mendapatkan CD yang berisi tutorial membuat blog dan bonus E-book, serta formulir pendaftaran lomba blogging yang juga diadakan oleh panitia seminar ini, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe (BEM PNL). Mekanisme lombanya tergolong sulit bagi para pemula, karena harus mengirim formulir lewat e-mail dan harus memasang banner pada blog yang dilombakan, walaupun ada panduannya.

Oke, that's all I can describe for now. Bila ada kata-kata yang kasar atau menyinggung, mohon disampaikan, dikritik, dan disarankan melalui kotak komentar. Terima kasih atas perhatiannya.

Visit:

Website BEM PNL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu di sini apabila ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Bila kamu tidak punya akun Blogger, kamu bisa berkomentar dengan cara memilih pilihan "Name/URL" pada drop-down. Masukkan nama kamu. Tambahkan juga situs webmu bila ada. Bila tidak ada kosongkan saja. Klik [Lanjutkan]. Silakan berkomentar menggunakan namamu... :D