Jumat, 08 Februari 2013

Hiburan Klasik dari YouTube!



Kalian para netters pasti pernah buka yang namanya YouTube, 'kan? Hmm... kali ini saya akan share sebuah trik dari YouTube. Pernah kejebak buffering yang lama? Atau sering, malah? Nah, mungkin di negara yang koneksi internetnya paling cepat, tidak akan bisa mencoba hiburan klasik yang satu ini. Kenapa? Karena hiburan ini hanya dapat dicoba saat buffering. What?

Ngomong-ngomong tentang hiburan klasik, dari tadi, sebenarnya apa, sih, hiburan klasiknya? Pentingkah? Sebenarnya, sepele, sih... Hiburannya hanya game Snake, itu, lho... Game yang dulu populer yang ada di HP Nokia... Terus, apa hubungannya dengan buffering di YouTube? Apakah harus buka tab baru, terus buka link yang menuju ke game Snake? Gitu? Nggak. Pokoknya nggak kayak gitu.

Mungkin, sih, cuap-cuapan di atas bikin basi, mungkin karena disebabkan trik ini udah terlalu mainstream, atau apapun...

To the point, deh. Intinya, semakin lama buffering, semakin lama kamu bisa memainkan game ular-ularan ini, dan semakin lama kamu bisa menikmati video yang dipilih. Sebaliknya, yagitudeh.

Gini, saat buffering, pasti ada bulatan-bulatan yang berputar-putar (yang biasanya dilambangkan sebagai "Loading..."). Tau, 'kan? Nah, sebelum bulatan itu hilang (karena selesai buffering), tekan tombol arah (tombol panah) atas ( ↑ ) atau bawah ( ↓ ) yang ada di keyboard. Seketika, bulatan yang lagi berputar tadi tiba-tiba tersusun menjadi garis dan satu titik, yang kini sudah dapat dimainkan sebagai game Snake, dengan menggerakan arah ular kepada makanannya dengan menekan tombol arah di keyboard.

Gak penting banget, 'kan?

Tapi, di balik ke-"gak penting"-an itu, ada beberapa hal yang kayaknya sengaja diperhatikan diam-diam oleh YouTube. Coba aja, biasanya kalau udah buffering kayak gitu, pasti kita bakal switch tab ke Facebook (mainstream-nya, sih, gitu...). Nah, kalau Facebook juga lelet, mungkin switch tab lagi ke Twitter... dan kalau masih lelet juga, mulailah, ada yang mengabsen nama hewan, ada yang kesel gilakk sampai nyabut modem dan matiin komputer secara paksa... dan mungkin ada yang berteriak "I Hate Slow!", meski koneksinya berasal dari pelopor slogan tersebut. Jadi, game ular ini mungkin dibuat untuk menghindari kebosanan menunggu "keleletan" yang terjadi. Yaa game ini, 'kan, langsung di-load saat kita membuka video di YouTube, bersamaan dengan playernya. Mungkin juga tujuan dibuatnya game sederhana di situs video terpopuler ini adalah untuk mencegah kita switch tab dari video yang ingin kita tonton (mungkin biar gak ketinggalan intronya...)

Yahh, cuma itu deh. Sepele, 'kan?

1 komentar:

Tuliskan komentarmu di sini apabila ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Bila kamu tidak punya akun Blogger, kamu bisa berkomentar dengan cara memilih pilihan "Name/URL" pada drop-down. Masukkan nama kamu. Tambahkan juga situs webmu bila ada. Bila tidak ada kosongkan saja. Klik [Lanjutkan]. Silakan berkomentar menggunakan namamu... :D