Kamis, 10 November 2011

Teleskop di Layar Android

Saya baru tahu ada aplikasi yang bernama Google Sky Map, yang berjalan di sistem Android. Asli, aplikasi ini membuat saya tercengang. Kagum. Benar-benar keren.
Foto di atas saya ambil pada tanggal 9 November 2011. Pada foto di atas kita bisa melihat ada cahaya bulan dan sebuah titik bintang. Nah, saat itu aku mencoba menggunakan Google Sky Map di Samsung Galaxy Ace milik saya. Saya sempat terkejut juga saat mengetahui kalau "bintang kecil" yang ada di dekat bulan itu adalah planet Jupiter! Waw.

Bagiku, handphone Android saya yang satu ini memang betul-betul bisa diandalkan. Sampai-sampai para sepupu saya "mengejar-ngejar" saya sambil berkata layaknya ahli astronomi, "Bang, lihat rasi bintang, yuk! Malam ini kami mau lihat di mana Saturnus, terus bintang Capella..."

Berikut ini adalah screenshot Android saya (Samsung Galaxy Ace) yang ditangkap selagi melihat bintang di langit.



Screenshot tersebut menampilkan sebuah rasi bintang. Pastinya kita semua pernah melihat bintang yang berjejer tiga di langit malam. Itu adalah bintang-bintang penyusun rasi bintang Orion!

Google Sky Map menggunakan fasilitas GPS untuk melacak lokasi di mana kita berada. Setelah lokasi kita ditemukan dan di-set secara otomatis oleh aplikasi ini, maka kita dapat menjelajah langit dengan cara menggerak-gerakkan handphone Android kita ke sana ke mari....

Aplikasi Google Sky Map bikinan Google ini dapat di-download secara cuma-cuma lewat Android Market. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. bagus sekali info nya , sangat menarik
    dan penuh wawasan
    terimakasih

    BalasHapus
  2. mantasp sekali info yang di share
    semoga blogagan tambah maju

    BalasHapus

Tuliskan komentarmu di sini apabila ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Bila kamu tidak punya akun Blogger, kamu bisa berkomentar dengan cara memilih pilihan "Name/URL" pada drop-down. Masukkan nama kamu. Tambahkan juga situs webmu bila ada. Bila tidak ada kosongkan saja. Klik [Lanjutkan]. Silakan berkomentar menggunakan namamu... :D